"YES! Akhirnya libur juga!!" Begitulah ungkapan yang sering kali keluar dari mulut (maha)siswa untuk mengekspresikan kegembiraannya setelah empat bulan lebih berkutat dengan dunia sekolah atau kampus dan tugas-tugas yang menumpuk. Bagi kamu yang sedang studi di luar kota, libur sekolah atau kuliah memang bisa dijadikan moment yang tepat untuk balik ke kampung kelahiran. Tak ada yang lebih indah selain bertemu dan berkumpul dengan keluarga sekaligus melepas rindu setelah sekian lama tak bertemu. Selain bertemu keluarga, liburan juga sangat baik untuk merecharge tenaga dan pikiranmu dari dunia kampus. Tapi, kalau liburannya terlalu lama dan tidak ada yang bisa dikerjakan, bisa bosan juga sih. Apalagi, kalau liburanmu dihabiskan untuk bermalas-malasan. Waah, sayang banget kan. Nah kali ini ada sedikit tips biar liburanmu lebih berkesan dan tidak monoton.

1. Daripada bermalas-malasan, mending bantuin orang tua.


Buat kamu yang studi di luar kota, kepulanganmu ke kampung halaman bukan sekedar untuk berdiam diri dan bermalas-malasan di rumah. Selagi liburan, ada baiknya kalau kamu bantuin pekerjaan orang tuamu. Membantu pekerjaan mereka tidak harus yang berat-berat kok. Mulai dari menyapu, mengepel, beres-beres rumah, menyuci piring dan sejumlah kegiatan lainnya bisa kamu lakoni. Selain itu, jika orang tuamu pedagang, tidak ada salahnya kan kamu bantuin mereka jualan di pasar. Yah, itung-itung kamu jadi tau kan seberapa besar dan keras usaha orang tuamu untuk membiayai pendidikanmu dan adik-adikmu. Selagi kamu di rumah, berbaktilah kepada orang tuamu. Jadikan kepulanganmu lebih berarti. Tunjukanlah perubahan sikapmu kepada mereka. Dengan begitu, apa yang mereka usahakan selama ini tidak akan sia-sia. Kamu pasti mau kan melihat orang tuamu bahagia?

2. Tekuni hobimu, bisa jadi itu menguntungkan buat kamu.


Libur kuliah memang punya rasa tersendiri. Yah, itu tergantung dari bagaimana kamu melewati hari libur kamu. Kamu bisa ke tempat tempat alam terbuka seperti pantai atau pegunungan bila kamu punya hobi petualang. Nah, buat kamu yang hobi selfie atau suka jeprat-jepret sana sini, ga ada salahnya lho kamu manfaatkan hobimu untuk mendatangkan rezeki. Kalau kamu punya kamera “SLR/DSLR” kamu bisa tuh menawarkan jasa foto ke temanmu atau berpergian ke alam bebas dan foto objek objek alam yang ada disana , lalu hasil foto kamu bisa kamu kirim menjadi artikel. Bagi kamu yang pkamui mengoperasikan corel draw dan photoshop, kamu bisa buka jasa percetakan kecil-kecilan. Kamu bisa tawarkan ke teman rumahmu atau memasang banner di rumahmu. Buat kamu yang hobi nulis, kamu bisa manfaatkan kesempatan ini untuk mengasah kemampuan menulismu dengan latihan terus-menerus. Jika hal ini dilakukan secara konsisten, tidak menutup kemungkinan kalau kamu bisa menghasilkan karyamu sendiri. Nah, cobalah kirim naskahmu ke penerbit lokal atau nasional, siapa tau naskahmu bisa diterbitkan.

3. Jadi pelayan toko atau pelayan resto juga patut dicoba!


Ada banyak kesempatan yang bisa kamu ambil selagi kamu off dari dunia kampus. Asalkan, kamu tidak mager ya (malesgerak). Pada kesempatan ini, kamu bisa tuh cari-cari loker yang menerima pekerja paruh waktu apalagi bagi kamu yang hidup merantau. Ga ada salahnya kalau kamu manfaatkan liburanmu untuk bekerja mencari pengalaman. Jangan takut disepelekan karena kamu “hanya” seorang pelayan toko atau resto. Apalagi, kamu malu atau gengsi karena pekerjaanmu tidak sesuai dengan bidang studimu. Mulai sekarang, buang pikiran itu jauh-jauh. Di dunia kerja, kamu harus terampil dalam segala hal. Boleh jadi, pekerjaanmu di masa depan tidak sesuai dengan yang kamu inginkan. Dari sinilah, kamu akan lebih siap bersaing di dunia kerja karena kamu memiliki semua yang kamu butuhkan.

4. Bergabung dengan komunitas sosial juga ga kalah seru.


Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan adalah join dengan komunitas sosial di daerahmu. Anak muda jaman sekarang kreatif-kreatif kok. Mereka juga sebetulnya memiliki jiwa sosial dan rasa empati yang tinggi. Salah satunya adalah komunitas relawan pendidik atau relawan lingkungan yang sudah tersebar di setiap kota. Di samping itu, manfaat lain yang bisa diambil adalah selain mendapat teman baru, kamu juga melihat dan merasakan secara langsung kondisi yang sebenarnya sehingga inilah yang akan menggugah jiwa sosial kamu untuk selalu membantu mereka yang membutuhkan uluran tangan kamu. Bagaiimana, tertarik?

5. Buat jadwal liburan bareng keluargamu. Dijamin bakal menyenangkan.


Berlibur bareng keluarga merupakan salah satu agenda yang bisa kamu lakukan. Berlibur juga baik lho untuk merefresh tenaga dan pikiranmu. Perlu diingat bahwa berlibur gak harus ke tempat mewah dan menghabiskan banyak duit. Cobalah cari spot-spot nyaman yang ada di daerah kamu. Pergi ke tempat terbuka hijau, seperti taman kota juga sah sah saja. Selain itu, berkunjung ke objek wisata, rumah makan, dan tempat bersejarah juga oke tuuhh. Yang terpenting, kamu bisa gunakan kesempatan ini untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

6. Membuka usaha kecil-kecilan.


Bagi sebagian mahasiswa, libur kuliah merupakan moment yang paling tepat untuk mencoba hal-hal baru. Salah satunya dengan berdagang. Nah, buat kamu yang pengen membuka usaha, ada banyak peluang dan kemudahan yang ditawarkan di era digital seperti sekarang. Kuncinya adalah bagaimana kamu bisa melihat dan menciptakan peluang tersebut. Misalkan, kamu harus tau apa yang dibutuhkan masyarakaat saat ini. Jika masyarakat membutuhkan hidangan selepas lebaran yang murah, enak, dan bergizi, kamu bisa tuh manfaatkan hal tersebut untuk memulai menjajahkan makanan buatan kamu. Yang terpenting berani dan jangan malu, yah. Oh yah, memulai usaha di usia muda juga akan membuka banyak peluang untuk kesuksesanmu di masa depan. Di samping itu, kamu juga bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tidak terus-menerus bergantung pada orang tua. Wah, hebat kan?

7. Belajar kembali materi kuliah kamu sebelumnya


Liburan kuliah bukan berarti menghabiskan waktumu dengan sia-sia, kan? Sebagai mahasiswa, moment liburan bisa kamu gunakan juga untuk belajar. lho. Ada baiknya kalau kamu membuka kembali pelajaran yang telah kamu pelajari di semester sebelumnya. Cobalah mereview beberapa mata kuliah dan pastikan kalau apa yang kamu pelajari tidak hilang begitu saja. Di samping itu, kamu juga bisa gunakan moment ini untuk mempelajari hal baru (upgrade skill). Selain menambah pengetahuan, dijamin kamu bakalan lebih siap dan percaya diri untuk menyambut semester depan. Percaya deh.

________________

Nah, itu dia tujuh hal yang patut kamu coba selama liburan kuliah. Jadikan liburanmu makin asyik dan berkesan. Gunakan waktu singkatmu sebijak mungkin dan jadilah pribadi yang lebih siap, OK? Selamat menikmati liburan!
(AYOREC.ID/blog)
Artikel sebelumya
Mau Belanja Gadget Online Akhir Tahun? Baca Ini Dulu.
Takut tertipu berbelanja gadget secara online? Baca ini dulu biar tambah mantap!